Jumat, 05 Desember 2008

Okupasi Terapi sebagai media terapi anak spesial

Metode pendekatan terapi okupasi memakai acuan baku WFOT (World Federation of Occupational Therapy), meliputi psikososial (perilaku, object relation, cognitif, occupational behavior) dan sensomotorik-multisensoris (neuro development treatment, sensori integrasi, terapi gerak).

Terapi okupasi sendiri itu terapi yang menekankan sensomotorik dan proses neurologi (saraf), dengan mengolah, melengkapi, dan memperlakukan lingkungannya begitu rupa, sehingga tercapai peningkatan, perbaikan dan pemeliharaan kemampuan anak. Tujuannya membantu tumbuh kembang anak, agar mandiri dalam keseharian, merawat diri, dan menggunakan waktu luang.

Anak-anak dengan gangguan perkembangan, kesulitan akademis, keterampilan keseharian dan kemandirian, termasuk attention deficit/hyperactivity disorder, down syndrome, asperger's syndrome, pervasive developmental disorder, sensory integration dysfunction, cerebral palsy, kesulitan belajar, keterlambatan wicara, gangguan proses pendengaran dan perilaku dapat memanfaatkan terapi ini.

Terapi okupasi harus didukung sarana memadai dan dilakukan oleh terapis berpendidikan khusus. Di Indonesia, "Baru ada dua lembaga pendidikan khusus untuk terapis okupasi. Program D3 Studi Terapi Okupasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di bawah Depdiknas, dan Akademi Occupational Therapy Surakarta di bawah Depkes.


2 komentar:

NoegA1 mengatakan...

fatur, apresiasi saya ttg blog OT. makasih ide dan usahanya, semoga ditiru oleh ot ot yg lain.

Boleh kasi masukan, biar lebih OK ya..: penggunaan ejaan bahasa yang tepat, misal WFOT itu T nya therapists, bukan therapy. dan ejaan yang lain2. Occupational juga bukan occupytional..

Selanjutnya, MENGENAI okupasi terapi. Okupasi terapi bukan merupakan bagian dari rehabilitasi Medis, tapi merupakan bagian dari pelayanan kesehatan secara integral, karena peran kita juga bisa di promotif, preventif, dan bahkan kuratif.

saran: diupdate ya :)

thanks and salam kenal

Buwana
Presiden IOTI

red_tyo mengatakan...

blog yang bisa membangun, lanjutkan...salam OT